CARA BUDIDAYA JABON

Cara Budidaya Jabon, Pohon Jabon, Jabon




Jabon adalah tanaman yang tumbuh di wilayah Asia selatan hingga Papua Nugini. Tanaman Jabon Termasuk dalam famili Rubiaceae dengan spesies N. Cadamba (Nauclea Cadamba Roxb).Jabon termasuk tanaman yang cepat tumbuh dan berkayu keras dimana pada umur 3 tahun tingginya sudah mencapai 8 meter dengan rata-rata diameter sebesar 10 cm dan pada usia lima sampai enam tahun lingkar batangnya sudah bisa mencapai 150 cm dengan diameter 40-50 cm.

Seiring dengan kelangkaan dan meningkatnya kebutuhan akan kayu di Indonesia pada khususnya dan di dunia pada umumnya, maka diharapkan dengan adanya tanaman jabon kebutuhan akan pasokan kayupun dapat sedikit teratasi. Berikut kami akan menyampaikan cara untuk membudidayakan tanaman Jabon

1.    Menyiapkan Media Semai
Siapkan media penyemaian yang steril menggunakan tanah halus yang telah diayak (tanah dan pasir dengan perbandingan 1:1). Untuk media taburan  bisa menggunakan media kotak atau polybag tanah.

2.    Penjemuran dan Penaburan Benih/biji Jabon
Sebelum melakukan penaburan,  sebaiknya biji jabon dijemur terlebih dahulu selama 1 sampai 2 jam. Media tanam harus disiram sampai jenuh kemudian biji jabon ditabur secara merata di atas media tersebut.

3.    Menutup Media Semai
Setelah penaburan biji, maka media semai harus ditutup menggunakan plastik atau paranet untuk menjaga kelembapan dan terlindung dari sinar matahari langsung dan air hujan.

4.    Pemeliharaan
Pada hari ke enam paranet dibuka separuh, kemudian melakukan penyiraman dengan semprotan halus supaya media menjadi lembab.
pada hari ke  delapan sampai hari kesepuluh dilakukan pengecekan kembali untuk mengontrol kelembapan media. Meskipun belum merata, biasanya biji/benih jabon sudah mulai tumbuh pada hari ke dua belas sampai dengan hari ke empat belas. Setelah biji jabon mulai tumbuh sungkup dan paranet dibuka setiap pagi dan lakukan penyiraman untuk mencegah kekeringan serta penyemprotan fungisida dosis rendah agar benih cepat tumbuh dan tidak terkena jamur. Benih jabon sudah mulai berdaun agak lebar setelah berumur satu bulan ke atas.

Demikianlah artikel cara budidaya tanaman jabon yang dapat Kami sampaikan, semoga bermanfaat untuk kita semua.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »